Translate

Wednesday 30 January 2013

3 Nasihat Rosul

Rasul memberikan tiga nasihat. Pertama, jika engkau melaksanakan shalat, anggaplah itu shalat terakhirmu. Makna dari pesan ini, kita senantiasa shalat denga khusyu’ karena inilah shalat terakhir yang kita tunaikan. Selalu ingin dekat kepada-Nya dan ingin selalu siap hendak segera menghadap-Nya.
Pesan kedua, janganlah mengatakan sesuatu yang kelak engkau akan meminta maaf atas perkataan itu. Intinya, jagalah lisan. Kita tak boleh mengumbar janji yang besar kemungkinan tak bisa kita penuhi, lalu di kemudian hari kita meminta maaf. Bisa juga karena kita menuduh seseorang yang tak beralasan. Karena memang perkataan kita itu tak benar, kita akhirnya harus meminta maaf, secara sukarela ataupun terpaksa. Kita terpaksa minta maaf karena orang yang kita tuduh melakukan somasi terhadap kita.
Pesan ketiga, jangan berharap untuk memiliki yang sama dengan yang dimiliki orang lain. Terkandung pesan bahwa kita tidak boleh iri terhadap apa yang dimiliki orang lain. Tuhan telah memberikan rezeki kepada setiap makhluknya. Syukurilah rezeki yang telah kita dapatkan.

No comments:

Post a Comment